Berita

RAKERNAS BERSAMA 2019
  18 December 2019

RAKERNAS BERSAMA 2019

Sehubungan dengan bergulirnya Undang-undang Nomor : 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, pada pasal 70 ayat (1) menyatakan bahwa setiap tenaga kerja Konstruksi yang bekerja di bidang Jasa Konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja yang diterbitkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)  tidak lagi melalui Asosiasi Profesi seperti biasanya.  Maka mengacu pada  Undang-undang Nomor : 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan dengan diberlakukannya PERPRES No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sertifikat kompetensi kerja, di tambah dengan terbitnya Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Nomor : 01/2015, yang mengatur tentang sistem sertifikasi, lisensi dan pengendalian mutu sertifikasi yang  salah satu ketentuannya LSP harus berbentuk Perseroan Terbatas.

Ketika bulan Agustus Tahun 2017, kami dengan semangat kebersamaan seluruh Anggota yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Gapkaindo; Asosiasi Profesi Atkindo; Industri Pipa HDPE; Importir Alat Berat Mesin HDD serta PPTKI membentuk suatu Lembaga yang diberi nama Lembaga Sertifikasi Profesi Bina Multi Pipa Indonesia (LSP BMPI)  merupakan satu-satunya Lembaga di Indonesia yang memiliki standar kompetensi kerja Khusus/Internasional bidang Butt Weld Polyethylene Pipelines (HDPE); Electrofusion Weld Polyethylene Pipelines (HDPE) dan Conduct Horizontal Directional Drilling (HDD),  telah teregistrasi di Kementerian Ketenagakerjaan RI pada tanggal 4 Juni 2019 yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas dengan Nomor Kep.  : 232/LATTAS/VI/2019.  Kemudian LSP BMPI diberikan Sertifikat Lisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan Nomor : BNSP-LSP-1531-ID yang ditetapkan pada tanggal 26 Agustus 2019.

Berdasarkan hal tersebut kami menyelenggarakan acara RAKERNAS BERSAMA sekaligus Harmonisasi Sertifikasi Kompetensi Kerja bagi Industri Pipa HDPE; Importir Mesin Horizontal Directional Drilling (HDD) dan Masyarakat Jasa Konstruksi dari berbagai Provinsi, khususnya anggota asosiasi yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Gapkaindo;  Asosiasi Profesi Atkindo; Industri Pipa HDPE; Importir Alat Berat Mesin Horizontal Directional Drilling (HDD) dan Persatuan Paguyuban Tukang Konstruksi Indonesia  (PPTKI).